Sabtu, 23 April 2011

Saat Anak Menjelang Ujian

Apa kabar ibu-ibu dan bapak-bapak..? Pasti sehat kan ? Amiiiinn... Sehat selalu yaa..

Saya akan membagi tips-tips buat ibu-ibu bapak-bapak, yang sekarang anaknya yang mau menjelang ujian. :) tips ini muncul karena terinspirasi oleh kerabat yang lagi pusing ngadepin anaknya ujian.. :) hehe.. maaf ya kalau tips ini kurang berkenan atau tidak masuk akal.. hehe..

Semoga bermanfaat MyEm0.Com

MyEm0.Com Pendisiplinan waktu. Pendisiplinan waktu ini merupakan bentuk-bentuk ketegasan (secara baik) yang diberikan kepada anak mengenai masalah pembagian waktu atau ketertiban suatu waktu. Misalnya saja, jika anak anda malas belajar, jangan lah lelah untuk mengingatkannya belajar secara rutin jauh-jauh hari sebelum ujian, jika perlu buatkan jadwal-jadwal belajar tiap harinya, dengan begitu anak anda akan termotivasi. Bisa juga dibuatkan kalender belajar yang menarik.. misalnya aja :


Nah, gambar diatas itu merupakan contoh saja ya.. tergantung jadwal dan kebutuhan anak2 anda, tergantung juga dari waktu anda memilah-milah.. oke.
keterangan logo :
No. 1 :  itu lambang liburan : misalnya saja jalan-jalan keluar rumah. paling nggak 2 kali sebulan.
No. 2 : Berolah raga, ajaklah anak anda untuk berolahraga rutin.. Paling tidak 1 minggu sekali agar kondisi anak tetap terjaga staminanya.
No. 3 : Bermain musik sambil belajar.. hal ini bisa dilakukan dengan keluarga, disamping untuk refreshing dan melatih otak bermusik
No. 4 : Burger. Ikon ini maksudnya, masaklah makanan yang jarang dimasak tiap harinya, menu baru pembangkit stamina atau apabila anda tipikal yang suka beli, maka sekali2 masaklah untuk keluarga di hari yang santai, biasanya anak akan termotivasi dari makanan kreasi baru..
>>klik disini untuk website-website yang berisikan macam-macam resep -1<<
>>klik disini untuk website-website yang berisikan macam-macam resep -2 <<
jika ingin yang lainnya, anda bisa masuk ke Google dengan mengetik "resep masakan" lalu klik cari/Search.
No. 5 : Lambang keluarga. Sisipkan sesi curhat buat keluarga, untuk mendengarkan anak2 tentang keluh kesah senang dan duka mereka, kalau bisa sih ini sering2 yaa..

MyEm0.Com Perhatian dan Kenali Kepribadian Anak. Ini nih hal yang sangat penting.. hal ini berkaitan dengan logo diatas yang no. 5, itulah cara anda untuk mengetahui perasaan dan pendapat mereka, ajak mereka bicara, agar mereka terpantau. Kenali kepribadian mereka, kembangkan lah bakat2 mereka yang belum disadarinya, agar anda bisa mengontrol. Perhatikan mereka jika mereka terlihat lesu atau tidak bersemangat, segera cari tahu dan beri solusi.


MyEm0.Com Lingkungan yang Nyaman. Yup, ini lah yang bener2 berat, dimana-mana ada teori yang menyatakan pola pikir dan perilaku itu dipengaruhi juga oleh lingkungan. Nah, tugas anda, dari segi fisik bangunan, sebaiknya buat tempat belajar (kamar) anak anda se nyaman mungkin, kalau bisa kondisikan cerah, rapi dan wangi, yahh minimal itu lah..trus kalau dri segi psikologi anak, usahakan jika anda bertengkar dengan pasangan, kalau bisa jangan didepan mereka deh, ngaruh lo.. beneran deh.. anak anda bisa ikutan stress dan akhirnya nyebabin males belajar. Dan ingat, janga terlalu dimanjakan.. :) biasa aja,, mungkin bisa pakai sistem tarik ulur.. hehe.

MyEm0.Com Berikan Reward / Penghargaan. Ini dia salah satu peluru penyemangat anak anda mau giat belajar.. kalau dibilang ini semacam sogokan.. hahah.. tapi gapapa dunk, kan positif.. berikan reward atau hadiah kepada anak anda setelah mendapat nilai yang memuaskan, atau berikan hadiah kejutan ketika mreka belajar dengan sungguh2.. :D biasanya anak semakin bersemangat belajar.. :D hadiah tidak perlu mahal, asal bermanfaat dan bersifat edukasi atau refreshing.

MyEm0.Com Beroda. Memohon kepada yang Kuasa itu sangatlah perlu karena segala hasilnya ada di tanganNya, jadi ajak anak anda untuk berdoa bersama untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar diberi kemudahan dalam menghadapi kesulitan.

MyEm0.Com Atraktif. Sebelum ujian, biasakan anda dirumah berkomonunikasi dengan anak itu secara atraktif. misal mengkait2kan perbincangan dengan ilmu2 pengetahuan, karena secara tidak langsung anak anda menyerap ilmu2 itu.. jadinya gini.. waktu ujian nih ya.. anak anda dapet soal misal, trus dia lupa akan teori2 yg ada disekolah, nah karena di keluarga dia sering berbicara yang terkandung ilmu2 maka dia bisa ingat mendadak dan bilang gini dalam hati : "oh iya, dulu waktu di kebun binatang mama pernah bilang kalau asal mula kupu2 itu dari kepompong dulu..oh jadi jawabannya C. ASikkk. !" .. nah secara tidak langsung anak anda terbantu kan.. ?? :) hal ini dilakukan kapan saja ga usah tiap sebelum ujian, jadikan ini bahasa sehari2..ATRAKTIF.


YAPP.. itulah tips bagaimana menghadapi anak yang mau melaksanakan ujian.. semoga bermanfaat..


Sign,
Nilam Atsirina K
hp: 0817 0351 0851 / 031 60776009
ym : koyangi_lover
email : nilam.atsirina@yahoo.com / krissoriflame@gmail.com

join us on BOSS Family , klik disini untuk informasi pendaftaran

atau mau langsung daftar SILAHKAN tentu BOLEH ...




1 komentar:

  1. mengatur jadwal merupakan hal yang sangat baik agar waktu yang ada dapat digunakan dengan baik dan bijak

    BalasHapus